Minggu, 05 Juni 2011

Moutong

Kecamatan Moutong
                
Kecamatan Moutong terletak pada posisi utara Kabupaten Parigi Moutong dengan batas-batas wilayah administrasi sebagai beikut:
  • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tolitoli
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Gorontalo
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Tomini
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Taopa
Dari semua desa di Kecamatan Moutong dapat dilalui kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun roda empat sehingga mempermudah hubungan antara desa yang satu dengan desa yang lain dan ke ibukota kecamatan. Secara administrasi, wilayah Kecamatan Moutong yang luasnya mencapai ± 515,69 km2 terdiri dari 11 desa definitif. Dari 11 desa yang ada, dibagi wilayahnya menjadi 56 Dusun dan 43 RT.
Jumlah penduduk Kecamatan Moutong tahun 2009 tercatat sejumlah 19.173 jiwa. Dengan luas wilayah 445,08 km², maka kepadatan penduduk di daerah ini sebesar 43 orang/km². Dengan jumlah rumah tangga sebanyak 4.339, Kecamatan Moutong mempunyai rata-rata penduduk per rumah tangga sebanyak 4 jiwa/rumah tangga. Menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki di Kecamatan Moutong tercatat sejumlah 9.748 jiwa dan perempuan 9.425 jiwa. Rasio jenis kelamin diperoleh dengan membandingkan jumlah penduduk laki-laki dengan penduduk perempuan dikalikan 100. Rasio jenis kelamin di Kecamatan Moutong mencapai angka 103, yang artinya dari seratus penduduk perempuan terdapat 103 penduduk laki-laki.

Fasilitas tingkat pendidikan formal yang ada di Kecamatan Moutong pada tahun 2009 masing-masing tercatat TK/PADU (Pendidikan Anak Dini Usia) sebanyak 6 unit, SD/MI 18 unit, SLTP/MTs 4 unit dan SMU/MA sebanyak 3 unit. Fasilitas kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dan mengurangi angka kematian. Untuk itu di wilayah ini telah tersedia 1 (satu) unit Puskesmas  dan 5 unit Puskesmas Pembantu, dengan jumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada fasilitas kesehatan sebanyak 43 orang.

Kecamatan Taopa
Kecamatan Taopa merupakan pecahan dari kecamatan Moutong, mempunyai  luas wilayah ± 181,41 Km2 dengan batas-batas geografis sebagai berikut :
  • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Toli toli
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Tomini
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Moutong
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Bolano Lambunu
Kecamatan Taopa secara administratif terdiri dari 7 desa, yang semuanya termasuk dalam kategori desa definitive operasional. Seluruh desa tersebut dapat ditempuh melalui darat dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat. Keadaan tanah di Kecamatan Taopa terdiri dari dataran dengan ketinggian di atas permukaan air laut kurang dari 10 meter.
Secara administrasi, wilayah Kecamatan Taopa yang luasnya mencapai ± 182,40 Km2 terdiri dari 7 desa definitif menurut Perda Kabupaten Parigi Moutong, namun ada satu desa yang belum beroperasi secara penuh yaitu desa Taopa Utara. Jadi yang sudah operasional selama tahun 2009 ada sebanyak 7 Desa. Berdasarkan tingkat perkembangan LPMD, desa-desa di Kecamatan Taopa pada tahun 2009 terdiri dari:
  • Swadaya       : 3 desa
  • Swakarsa   : 4 desa
  • Swasembada : -

Dari 6 desa yang ada, wilayahnya terbagi menjadi 41 dusun, 7 RW dan 103 RT.
Jumlah penduduk Kecamatan Taopa tahun 2009 tercatat sejumlah 12.314 jiwa. Dengan luas wilayah 252,02 km², maka kepadatan penduduk di daerah ini sebesar 49 orang/km². Kepadatan penduduk tertinggi terdapat di desa Taopa, yaitu sebesar 167 orang/km². Dengan jumlah rumah tangga sebanyak 2.891, Kecamatan Taopa  mempunyai rata-rata penduduk per rumah tangga sebanyak 4 jiwa/rumah tangga. Menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki di Kecamatan Taopa tercatat sejumlah 6.302 jiwa dan perempuan 6.012 jiwa. Rasio jenis kelamin diperoleh dengan membandingkan jumlah penduduk laki-laki dengan penduduk perempuan dikalikan 100. Rasio jenis kelamin di Kecamatan Taopa mencapai angka 105, yang artinya dari seratus penduduk perempuan terdapat 105 penduduk laki-laki.
Fasilitas tingkat pendidikan formal yang ada di Kecamatan Taopa pada tahun 2008 masing-masing tercatat TK/PADU (Pendidikan Anak Dini Usia) sebanyak  14 unit, SD/MI 13 unit, SLTP/MTs 4 unit dan  SMK sebanyak  1 unit. Fasilitas kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dan mengurangi angka kematian. Untuk itu di wilayah ini telah tersedia Puskesmas 1 unit, 3 unit Puskesmas Pembantu, dengan jumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada fasilitas kesehatan hanya 12 orang, ditambah dengan dukun bayi menjadi sebanyak 28 orang.

Kecamatan Bolano Lambunu
Kecamatan Bolano Lambunu terletak pada posisi paling utara Kabupaten Parigi Moutong dengan batas-batas wilayah administrasi sebagai berikut :
  • Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Toli-Toli
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Tomini
  • Sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Taopa
  • Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Mepanga
Kecamatan Bolano Lambunu secara administratif terdiri dari 22 desa definitif menurut Perda Kabupaten Parigi Moutong, tetapi ada satu desa yang belum sepenuhnya operasional yaitu desa Bolano Barat karena baru dimekarkan pada november 2008. Sehingga di Kecamatan Bolano Lambunu terdapat 22 Desa definitive operasional. Seluruh desa tersebut dapat ditempuh melalui darat dan dapat dilalui dengan kendaraan roda empat.
Keadaan tanah di Kecamatan Bolano Lambunu terdiri dari dataran dengan ketinggian di atas permukaan air laut 0 – 100 Meter. Sumber daya alam yang paling menunjang penghasilan penduduk Kecamatan Bolano lambunu adalah tanah yang subur dan tersedianya beberapa sungai. Secara administrasi, wilayah Kecamatan Bolano Lambunu yang luasnya mencapai ±1.033,70 Km2 terdiri dari 22 desa definitif operasional. Berdasarkan tingkat perkembangan LPMD, desa-desa di Kecamatan Bolano Lambunu pada Tahun 2009 terdiri dari:
  • Swadaya     : 13 Desa
  • Swakarsa    : 7 Desa
  • Swasembada  : 2 Desa
Dari 21 desa yang ada, dibagi wilayahnya menjadi 131 Dusun dan 421 RT. Jumlah penduduk Kecamatan Bolano Lambunu tahun 2009 tercatat sejumlah 53.145 jiwa, merupakan jumlah penduduk paling besar di Kabupaten Parigi Moutong. Hal ini dapat dimaklumi dengan luas wilayah 1.033,70 km², yang juga merupakan kecamatan terluas. Namun demikian, kepadatan penduduk di daerah ini hanya sebesar 51 orang/km² sehingga tidak menjadikan kecamatan ini sebagai kecamatan paling padat. Dengan jumlah rumah tangga sebanyak 12.983, Kecamatan Bolano Lambunu mempunyai rata-rata penduduk per rumah tangga sebanyak 4 jiwa/rumah tangga. Dari jumlah rumah tangga tersebut, ternyata lebih banyak rumah tangga pendatang daripada rumah tangga pribumi di beberapa desa transmigrasi. Menurut jenis kelamin, jumlah penduduk laki-laki di Kecamatan Bolano Lambunu tercatat sejumlah 27.446 jiwa dan perempuan 25.699 jiwa. Rasio jenis kelamin diperoleh dengan membandingkan jumlah penduduk laki-laki dengan penduduk perempuan dikalikan 100. Rasio jenis kelamin di Kecamatan Bolano Lambunu mencapai angka 107.

Fasilitas tingkat pendidikan formal yang ada di Kecamatan Bolano Lambunu pada tahun 2009 masing-masing tercatat TK/PADU (Pendidikan Anak Dini Usia) sebanyak 14 unit, SD/MI 50 unit, SLTP/MTs 14 unit dan SMU/MA sebanyak 4 unit.Fasilitas kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dan mengurangi angka kematian. Untuk itu di wilayah ini telah tersedia 2 (dua) unit Puskesmas  dan 13 unit Puskesmas Pembantu, dan 16 unit Pos KB, dengan jumlah tenaga kesehatan yang bertugas pada fasilitas kesehatan sebanyak 108 orang.

Tidak ada komentar: